Rabu, 22 Desember 2010

Mereka Datang Mencoba Senang


Kuliah Kemampuan Intrapersonal berlanjut seperti biasanya, hari ini pun juga kita mahasiswa akan belajar tentang intrapersonal dalam pembentukan pribadi diri. Kuliah kali ini dimulai dengan berkumpul di SI garden dengan kita para mahasiswa berbaris menurut kelompok yang dulu kita buat. Namun ketika saya menengok ke sekitar tempat saya berdiri, terlihat sesuatu yang berbeda di sana. Terdapat sekumpulan orang yang berseragam, awalnya saya bingung karena memang mereka tidak pernah terlihat pada kuliah-kuliah sebelumnya. Karena saya bingung,siapa mereka, aku pun mencoba mencari info dengan bertanya di sekeliling saya. Mereka adalah siswa SMA dari beberapa SMA di Surabaya, begitulah info yang saya dapat. Tidak hanya info itu yang saya dapat, ternyata mereka adalah peserta visit JSI. Visit JSI merupakan sebuah acara baru di jurusan Sistem Informasi ITS dan merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu SI goes to school. Kedua acara ini memang bertujuan untuk mempromosikan jurusan sistem informasi ITS, terutama kepada siswa-siswi SMA yang akan lulus dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya ITS.
Kedatangan siswa-siswi SMA ini membuat pengajaran akan diulang dari pertama, yaitu pada kali ini kita akan membentuk kembali kelompok, setelah berkenalan dengan metode yang berbeda, dilanjutakan dengan permainan Raja dan Anaknya, dan di akhiri dengan star trek. Game-game ini mempunyai dua tujuan yag tersirat secara tidak langsung yang pertama untuk kita mahasiswa sebagai lanjutkan pembentuka sifat diri, kedua sebagai penggambaran suasana perkuliahan kepada calon mahasiswa, maka dari itu ada banyak permainan yang dimaninkan pada sore itu.
1.      Membuat Kelompok
Masih sperti pembentukan kolompk yang sebelumnya dilakukan, di sini kami membentuknya dengan cara mula-mula kami para peserta menutup kemudian para fasilitator akan membagikan secuil kertas yang berisikan kata yang mewakili dari sebuah benda, kali ini nama perangkat komputer. Setelah kita mendapatkan kertasnya maka fasilitator akan memberi aba-aba untuk membuka mata, lalu membuka kertas membaca dan memperagakannya. Sembari kita memperagakaany kita harus mencari gerakan mana yang serupa dengan kita. Jika sudah, maka kita telah berhasil menemukan kelompok baru kita sebagai teman seperjuangan belajar KI pada sore itu.
Game ini pertama bertujuan untuk membentuk sebuah kelompok sebagai tujuan utamanya, selain itu juga terdapat manfaat lain yaitu kita harus selalu bersemangat di setiap kegiatan, kemudian ini juga melatih keberanian kita dalam menghadapi orang banyak, dan ini lah bagian yang terpenting, karena sebagai manusia kita tidak hidup sendiri, jadi kita pasti akan berhadapan dengan oaring yang banyak dalam hidup kita, jadi ini salah satu pembelajaran kita untuk menghadapi itu semua.
2.      Halo hai hai
Setelah kita membentuk kelompok, brati saatnya untuk menenal siapa saja anggota kelompok kita. Perkrnalan kali ini akan berbeda dengan cara sebelumnya. Kali ini kita berkenalan dengan cara pertama kita memperkenalkan diri kita dengan diawali dengan menyapa teman-teman satu kelompok, kemudian teman-teman lain merespon dengan menyapa balik. Dimulai dengan memperkenalkan nama, kemudian ditambah lagi dengan hobi, begitu seterusnya hingga waktu habis.
Jelas manfaat yang diberikan kali ini, cukup bisa membantu siswa-siswi SMA untuk melatih kemampuan diri mereka, agar mereka semakin percaya diri dengan apa yang ada dalam diri mereka, sehingga dengan begitu mereka akan lebih survive di lain waktu. Untuk mahasiswa ini mungkin tidak terlalu berpengaruh karena mereka sudah pernah, dan sudah akrab karena kebersamaan mereka selama ini jadi permainana kali in lebih bisa membantu, mereka  calon mahasiswa dalam mungkin mereka akan menghadapi lingkungan barunya di suatu saat nanti.
3.      Raja dan Anak
Kali ini kita akan bermain peran sebagai pembelajaran pembentukan karakter kali ini. Peran pertama adalah menjadi seorang raja kemudian ditambah tiga orang anak, dari yang paling tua hingga yang paling muda. Dalam permainan peran kali ini, bercerita raja akan meninggal, sehingga raja butuh mencari salah satu dari ketiga anak beliau untuk dijadikan raja, karena raja kali ini merupakan raja yang bijak. Maka beliau  tidak mau sembarangan memilih seorang anaknya untuk dijadikan sebagai raja. Maka dari itu dalam cerita ini beliau memutuskan memilihnya dengan cara, sebuah sayembara. Raja berkata “Sikahkan anak-anakku pergilah berkelana, jangan kembali sebelum kamu membawa sesuatu yang kamu anggap paling berharga dan bermanfaat bagi negeri ini”. Setelah itu pergilah ketiga anaknya sesuai perintah sang raja. Lalu kembalilah anak pertama dengan membawa tujuh jenis batu. Menurut anak pertama batu itu berharga sangat mahal, sehingga bisa dijadikan sebagai modal untuk membangun sebuah kerajaan. Anak yang kedua datang dengan membawa bunga, yang melambangkan, kesetiaan. Jadi membangun kerajaan itu butuh kesetiaan. Kemudian anak yang ketiga membawa sebuah informasi tentang negeri eberang yang jaya dan kaya raya. Dan inilah yang terpenting, karena anak ketiga ini membawa visi kedepan yang baik, sehingga dengan visoneritasnya ini dapat membantu kerajaanya menjadi semakin maju
4.      Star Trek
Permainan ini merupakan permainan berkelompom karena dimainkan berkolompok, dengan dipilih satu orang sebaigai pengkomando. Dalan permainan ini anggota kelompok akan ditutup matanya dan kemudian akan mengambar dengan mengikuti bentuk bintang yang  telah disiapkan. Jika sudah melewati garis maka harus diganti dengan yang lainnya. Disiilah tugas pengkomando, yaitu dengan mengarahkan kemana mereka harus mengarahkan spidol agar tidak keluar jalur. Jadi disini sang ketua harus mampu memberi instruksi yang bisa di mengerti oleh para anggotanya. Dan dibagian inilah kita belajar, yaitu bagaimana kita sebagai anggota memahami ketua dan ketua juga harus memahami anggotanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar