Minggu, 05 Desember 2010

Kenali dirimu lewat jendela jauhari

Resume mata kuliah kemampuan intrapersonal pada pertemuan kali ini mungkin agak berbeda, karena kali ini kita tidak lagi belajar di luar kelas, kita kali ini kembali lagi di dalam kelas, bukan untuk pelajaran yang konvensional kayak mata kuliah lainnya dimana dosen menerangkan lalu mahasiswa aktif dengan bertanya-tanya, pak saya belum paham pelajaran yang itu? Bukan sepereti itu, hal ini lain memang mata kuliah kemampuan intrapersonal selalu berebeda dengan yang lain, kali ini kita belajar melalui menonton sebuah film yang berjudul “Good Will Hunting”. Film yang bergenre semi drama dengan dibumbui kekerasan ini kami tonton, dan fasilitator berharap kami bisa mengambil manfaat dari setiap adegan yang ada dalm film tersebut.
Film ini bercerita tentang seorang pemuda yang bernama Will yang suka berulah dikotanya, dia adalah seorang pekerja cleaning service di sebuah perguruan tinggi. Dan dari situlah cerita hidupnya dimulai, di perguruan tinggi itu, salah satu profesornya selalu mempublikasikan di mading semua soal yang dianggap paling sulit dan tak terselesaikan olehnya agar salah satu dari mahasiswanya mungkin bisa menjawabnya. Ternyata selama ini taka ada yang bisa menyelesaikannya. Kemudian will mencibanya dan akhirnya berhasil. Lalu Will dipanggil oleh professor itu untuk diberi hadiah. Setelah menemukannya, si Will ditemukan telah masuk penjara karena memang sifatnya yaitu tak bisa mengendalikan emosi yang ia tidak bisa kendalikan. Sehingga dia hanya bisa keluar jika ada yang menanggung tentang perubahan sifatnya itu. Di sinilah professor bersedia untuk merehabilitasinya. Dari kisah hidup nya ini kita dapat mengambil manfaat bahwa. Selain pintar kita juga harus bisa mengontrol emosi kita agar kepintaran kita lebih berguna untuk masyarakat.
Setelah itu kita mendapat tugas yaitu membuat daftar sifat kita dengan kategori yaitu yang kita dan teman kita tahu, lalu yang kita tahu tapi teman kita tidak tahu, kita tidak tahu dan teman kita tahu, yang terakhir kita tak tahu dan teman kita pun tak tahu, dan setelah saya survey di teman-teman dekat saya akhirnya saya tahu pribadi-pribadi saya.
1. Tahu – Tahu
Kategori ini mendiskripsikan tentang diri kita, dimana kita tahu dan orang lain yang berada di sekitar kita pun tahu, sebagai berikut :
ü Baik Hati
ü Tidak Sombong
ü Kadang bertingkah tidak jelas
ü Religius
ü Low profile
ü lucu
2. Tahu – Tidak Tahu
Yang ini mendiskripsikan tentang sifat diri dimana kita tahu tapi orang lain tidak tahu yaitu :
ü Gokil
ü Rajin Beribadah
ü Terkadang Sukar beradaptasi
ü Agak malas
ü Kurang semangat
3. Tidak Tahu – Tahu
Deskripsi tentang sifat dimana sifat itu hanya teman saya yang tahu dengan rincian seperti berikut :
ü Agak kolot terhadap pendirian
ü Suka mengorbankan kepentingan sendiri demi orang lain
ü Ramah
ü Lelaki unik
ü Bertanggung jawab besar
ü Aktifis
ü Kurang bisa menyampaikan pendapat
4. Tidak Tahu – Tidak Tahu
Yang satu ini mungkin agak membingungkan karena memag dari kedua belah pihak tidak tahu, mungkin hanya satu kata dari hal itu Cerewet.
Demikian resume pengajaran Mata Kuliah Kemampuan Intrapersonal sekaligus tugas, yaitu menulis tentang diri sendiri, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar