Rabu, 01 Desember 2010

Dirimu dan Kelompokmu

Posting kali ini membahas tentang bagaimana kita bisa saling mulai bisa mengenal diri kita, kemudian dibandingkan dengan anggota kelompok, dengan ini diharapkan bisa saling mengenal, dan kerjasama antar kelompok pun semakin baik pula. Berikut postingan saya yang lagi-lagi di ambil dari mata kuliah kemampuan innterpersonal, karena memang dari situlah saya mulai menemukan kekuatan sebuah kemampuan intrapersonal.

Pada pertemuan kali ini kita mahasiswa Sistem Informasi semester pertama yang mengambil mata kuliah Kemampuan Interpersonal, akan melakukan tiga permainan yang akan bermanfaat untuk kehidupan kita di masa yang akan datang, permainan – permainan itu adalah dimualai dari 20-80 sebagai awalnya kemudian yes and but dan diakhiri dengan game yang disebut dengan pelangi perbedaan, dilihat dari maksud dasar keseluruhan game, ini lebih banyak bertujuan tentang pengenalan diri lebih jauh ke dalam, sehingga diharapkan setelah pertemuan kali ini kita mampu benar-benar mengenal siapa sebenarnya diri kita, kemudian setelah itu akan lebih mudah untuk menetukan tujuan kita hidup didunia untuk kemajuan hidup lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Setelah kita mengetahui maksud umum dari pertemuan kali ini, saatnya kita mngenal lebih dalam lagi tentang masing-masing permainan, mulai dari tata cara permainan tersebut hingga manfaatnya kepada kita.

1. 20-80

Permainan ini dilakukan oleh seluruh peserta mata kuliah KI bukan sebagian atau dalam satu kelompok, mula-mula seluruh peserta membentuk lingkaran yang sangat besar yang mampu menghubungkan semua peserta dalam satu lapis lingkaran, setelah terbentuk, kita harus memposisikan tangan kita, dimana tangan kanan dibuka dan menghadap ke bawah sedangkan tangan yang kiri menunjuk ke atas dan ditempelkan pada telapak tangan taman yang berada di sebelah kirinya, semua peserta seperti itu sehingga menyambung dengan semua peserta. Setelah semua sudah pada posisi yang telah ditentukan, saatnya memulai permainan dangan peratuaran yaitu, nanti fasilitator akan membacakan sebuah cerita dan ketika cerita itu menyebutkan suatu kata maka tangan kanan kita harus berusaha menangkap jari telunjuk teman di sebelah kanan kita dan bagi tangan kiri, kita harus sebisa mungkin menghidar dari tangkapan tangan kanan teman kita, bagi yang tertangkap akan mendapatkan hadiah seperti biasa.

Manfaat dari permainan ini adalah mengajarakan kepada kita keprioritasan kepada sesuatu sehingga permainan ini dinamakan dengan 20-80, di sini kita pasti akan memprioritaskan sesuatu yang itu akan mampu membuat kita untung, dalam hal ini kita pasti akan cenderung menghindar daripada kita berusaha menangkap. Ketika hal itu benar-benar terjadi secara tidak terkendali pada kita, tentunya itu akan membuat kita rugi, karena apa? Seperti yang kita ketahui, hidup didunia ini pasti tidak hanya berhadapan dengan satu masalah saja melainkan banyak masalah, jadi jika kita hanya berfokus pada satu masalah saja tentunya itu akan merugikan kita sekali, untuk itu dari permainan ini kita ditunjukakan bahwa kita harus selalu focus dalam berbagai hal, bukan pada satu hal saja.

2. Yes and But

Pada permainan ini, kita bermain dalam satu kelompok seperti yang telah terbentuk sebelumnya, setelah berkumpul dengan masaing-masing kelompok, selanjutnya kita akan berpasangan, setelah itu kita salah satu dari kedua orang yang telah berpasangan tadi, mengungkapkan sesuatu kalimat, yang kemudian ditanggapi oleh pasangannya, dalam menanggapi ini ada aturannya, yang pertama kita menanggapinya dengan diawali dengan “Ya Tapi” kemudian pada giliran selajutnya itu kita ganti dengan “Ya dan”. Permainan ini dilakukan selama 5 menit untuk setiap bagiannya.

Manfaat yang dapat kita ambil adalah, di sini kita belajar tentang bagaimana kita harus menyampaikan pendapat yang baik. Itu dilakukan baik untuk mendukung penndapat (Ya dan) ataupun untuk menyangkal suatu pendapat (Ya Tapi). Pada dasarnya ini juga untuk menyadarkan kita tentang etika dalam suatu diskusi yang baik dan benar, dimana kita harus selalu sopan dalam menyampaikan pendapat. Ini tentunya sangat berguna dalam setiap sisi kehidupan kita di masa yang akan datang, dimana pada masa itu kita harus terjun dalam suatu masyarakat yang tentunya tidak akan pernah lepas dari yang namanya diskusi.

3. Pelangi Perbedaan

Dalam sesi permainan yang satu ini kita dalam satu kelompok akan mendapat masing-masing satu pensil warna yang berbeda beda, setelah itu kita harus berkumpul dengan teman yang mendapat pensil berwarna hamper mendekati dengan milik kita, setelah itu kita menceritakan tentang kesamaan sifat maupun karakter yang mungkin dimiliki oleh warna yang kita miliki, setelah selesai kita berpindah kelompok untuk berkumpul dengan teman-teman yang memiliki pensil warna dengan warna yang berbeda dengan warna yang kita miliki, kemudian bercerita lagi tentang warna yang kita miliki, sehingga disini nanti akan muncul perbedaan.

Permainan ini bertujua untuk menyelami karakter yang mungkin kita miliki melalui warna, hal ini jelas sekali bermanfaat karena apa? Bila kita tidak mengetahui siapa sebenarnya kita, kita nanti akan sulit untuk menentukan arah maupun tujuan hidup kita, sehingga kita hidup itu akan seperti orang yang tersesat dan tak tahu arah mau kemana dia? Maka dari itu segera salami diri kita dan tentukan apa yang akan kita lakukan nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar