Selasa, 11 Januari 2011

Bertahan Lewat Interpersonal


Setelah kita melakukan dan memahami dari hasil pembelajaran pembentukan kemampuan interpersonal. Dalam memahaminya, dilakukan dengan cara mengikuti simulasi demi simulasi yang dikemas secara apik, sehingga siapapun yang memainkannya, selain mendapat pembelajaran dari sana mereka juga akan merasa senang. Seperti kita ketahui sebelumnya,bahwa kemampuan ini akan mengantar kita ke dalam kebahagiaan. Kenapa bahagia? Karena kalau hanya sukses itu belum cukup. Kita perlu bisa membahagiakan diri sendiri, untuk bisa sukses. Mencapai kebahagiaan sudah pasti sukses, tetapi sukses belum tentu membuat kita bahagia.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang kemampuan interpersonal, alangkah baiknya kalau kita tahu, apa arti darikata itu. Kita mulai dari kata Kemampuan. Kemampuan menurut Kamus Besar Bahasa Indoneia (KBBI) merupakan kata benda yang berarti Kesanggupan, kecakapan, atau kekuatan. Kemudian kata yang kedua yaitu Interpersonal. Untuk lebih mudah memahami kata ini akan saya bagi kedalam dua kata yaitu, inter dan personal. Menurut pencarian yang saya lakukan, inter berarti antar atau hubungan, kemudian personal dalam KBBI berarti pribadi seseorang atau bisa diartikan orang atau orang banyak. Jadi jika kita gabungkan kemampuan interpersonal berarti kekuatan atau kesanggupan kita dalam berhubungan antar manusia.
Kemampuan Interpersonal maksud artinya memang sepele, tapi coba kita renungkan lagi seberapa besar manfaat dari kemampuan interpersonal ini. Bayangkan anda baru saja tiba di suatu perkampungan, karena anda mendapat tugas riset pasar di kampung tersebut. Anda adalah sesorang yang paling dipercaya dalam perushaan anda, karena dianggap memiliki daya nalar dan ilmu statistic yang memadai,, sehingga anda dipercaya untuk melakukan riset untuk perusahaan dimana anda bekerja. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, anda diharuskan tinggal di kampung tersebut selama satu minggu. Bayngkan dalam kedaan yang seperti itu, anda ternyata tidak memiliki pengalaman dalam hal berhubungan dengan orang lain, padahal pekerjaan riset pasar, sangat mengharuskan anda untuk berinteraksi dengan orang lain diskitar kampung tempat anda melakukan riset. Lalu apa yang terjadi, riset gagal dan perusahaan merugi karena uang yang dikeluarkan untuk ada tidak bermanfaat bagi perusahaan.
Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang didapat jika kemampuan interpersonal kita baik, manfaat yang akan kita dapatkan yaitu :
·         Memiliki kemampuan human relation dalam organisasi dan masyarakat
·         Mampu menjadi seorang pemimpin dan dapat bekerja sama dalam team
·         Memudahkan kita untuk bertahan di suatu lingkungan
Ketiga manfaat diatas saya kutip dari www.gudangmateri.com . Kemampuan interpersonal bukan merupakan skill bawaan yang didapat ketika lahir tetapi merupakan kemampuan yang harus diasah dan dipelajari terus menerus. Untuk memiliki kemampuan ini tidak bisa instan sekali belajar harus jadi melainkan kamu harus terus mencoba dan mencoba, berlatih dan berlatih. Hal ini dilakukan dengan cara terus mengembangkan perilaku, penampilan, dan cara bicara atau komunikasi secara asertif dan efektif. Jadi semua cara pengembangan itu harus dilakukan dengan cara asertif yang menurut Lazarus (Fensterheim, l980), pengertian perilaku asertif mengandung suatu  tingkah laku yang penuh  ketegasan yang timbul karena adanya kebebasan emosi dan keadaan efektif yang mendukung yang antara lain meliputi : menyatakan hak-hak pribadi, berbuat sesuatu untuk mendapatkan hak tersebut, melakukan hal tersebut sebagai usaha untuk mencapai kebebasan emosi. Selain itu juga harus dilakukan secara efektif agar kita mendapat hasil maksimaldan usaha kita tidak sia-sia. Demikian post saya tentang kemampuan interpersonal semoga bisa menambah pengetahuan saudara pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar