Minggu, 28 November 2010

Merasakan Perubahan

Posting ketiga ini akan membahas tentang kuliah mata kuliah KI sesi praktikum pertemuan ketiga. Pertemuan ketiga ini kita melakukan beberapa permainan, tiga permainan tepatnya, yang dari ketiga itu pada intinya nantinya akan mengajarkan kita tentang bagaimana kita merasakan dan menyikapi berbagai perubahan mulai dari yang terjadi dalam diri kita hingga yang terjadi di sekitar kita, itu semua diajarkan agar kita tetap mampu bertahan dalam berbagai situasi yang selalu berubah-ubah dari setiap waktu dan kita tidak tertinggal dari setiap perubahan yang ada itu.

Agar semua tujuan itu tercapai maka dari itu, kita semua diminta melakukan tiga buah permainan yang terdiri dari:

1. Angin Bertiup

2. Mengubah Garis Waktu

3. Tebak dan Berpindah

Ketiga permainan itulah yang telah kita lakukan selama pertemuan ketiga itu, yang dimulai pada pukul 15.30 WIB hingga selesai sekitar 18.00, selanjutnya akan dijelaskan satu perasatu tentang kegiatan itu hungga manfaatnya pada kita.

Ø Angin Bertiup

Pertama-tama seluruh peserta harus duduk di suatu tempat dengan berkelompok-kelompok. Peraturan dari permainan ini adalah pertama salah satu dari fasilisator atau mungkin bisa disebut pengaba-aba, akan berkata “Angin Bertiup” setelah itu kita semua sabagai peserta akan menjawab dengan berkata “Bertiup ke Mana?” secara bersaman, kemudian pengaba-aba tadi akan menyebutkan salah satu karakter yang dimiliki oleh peserta misal “Bertiup ke arah orang yang berkacamata” maka dari itu seluruh peserta yang berkacamata harus segera bertukar tempat dengan sesame peserta yang berkacamata tetapi dengan syarat harus berpindah dengan peserta yang berada di lain kelompok, selama seluruh peserta sibuk berpindah pengaba-aba akn berhitung dari satu hingga lima, jika hingga hitungan kelima masih ada yang belum mendapatkan tempat duduk maka peserta itu akan maju kedepan untuk seperti biasa mendapat hadiah, ada satu peraturan lagi yang harus diperhatikan oleh peserta yaitu tempat yang telah kosong nantinya tidak boleh ditempati oleh peserta yang berpindah pada putaran berikutnya.

Permainan ini pada dasarnya mengajarakan kita untuk tetap berkosentrasi dan juga sebagai awal atau pemanasan kita dalam merasakan setiap perubahan, karena pada permainan ini, kita akan mendapat aba-aba yang selalu berbeda disetiap putarannya, ini akan mampu membantu kita dalam mengikuti permainan yang berikutnya, karena kita telah melakukan pemanasan ini, sehingga pada permainan selanjutnya kita bisa lebih dan menerima pelajarannya secara maksimal, disamping manfaat-manfaat itu ternyata permainan secara tidak sadar juga mampu melatih stamina kita karena harus berlari untuk segaera mendapat tempat duduk lagi.

Ø Mengubah Garis Waktu

Pada permainan ini kita kembali berkumpul dengan teman satu kelompok kita yang telah terbentuk pada pertemuan pertama, disini kita akan ditemani oleh salah satu dari kakak-kakak fasilisator. Dalam permainan ini kita pertama dibagikan selembar kertas kosong, kemudian diminta untuk menuliskan apa saja permainan yang telah kita lakukan dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua, setelah itu diberi beberapa waktu untuk menuliskan manfaat apa saja yang telah kita dapatkan dari melakukan permainan-permainan itu, masing-masing kegiatan lima manfaat, selain itu kita menuliskan juga apakah menfaatn itu telah sampai pada diri kita atau bekum, jika sudah maka beri tanda “Y” jika belum maka kita tuliskan “N”. Setelah itu kita diminta membacakannya didepan teman-teman satu kelompok berikit alasan dari masing-masing manfaat.

Pada dasarnya kegiatan ini bermanfaat untuk mengingat kembali dan merenungkan pada diri kita apakah dengan permainan yang selama ini kita lakukan sudah mampu mengubah kita atau belum, sehingga apa yang selama ini kita lakukan itu tidak sia-sia begiru saja, harus mampu member manfaat terutama pada diri kita, dengan mengingat itu kita juga akan lebih sadar tentang perubahan yang telah terjadi pada diri kita.

Ø Tebak dan Berpindah

Ini adalah permainan yang terakhir yang kita lakukan pada pertemuan ketiga ini, permainan ini memerlukan kerja sama antar kelompok. Pertama pada permainan ini mengahruskan setiap kelompok untuk mengirimkan perwakilannya pada putaran awal kita setiap kelompok mengirimkan masing-masing dua anggota, kemudian dari semua perwakilan tadi akan diberi suatu benda yang diletakkan ke dalam kardus sehingga anggota kelompok yang lain tidak dapat melihat apa benda itu, kemudian anggota yang selain perwakilan menebak apa benda isi benda tersebut dengan cara menyebutakan jenis benda itu berikut manfaatnya, perwakilan kelompok hanya baerka YA jika jawaban salah satu kelompok benar dan TIDAK jika salah, disini perwakilan tidak berkata apapun selain dua kata itu, dan anggota kelompok yang lain hanya di beri sebuah petunjuk tentu benda itu oleh fasilisator. Bagi kelompok yang mampu menebak isi benda tersebut akan mendapat tambahan kelompok karena semua perwakilan yang telah maju tadi akan ikut bergabung dengan kelompok yang berhasil menebak benda tersebut sebagai hadiah tentunya.

Manfaat pada permainan ini lebih menekankan pada kerja sama tim dan bagaimana setiap tim mampu mempertahankan anggota kelompoknya juga mendapatkan anggota kelompok lain yang mungkin memiliki kinerja lebih baik dari perwakilan yang kita kirim tadi, ini sangat bermanfaat saat kita nanti ada dalam suatu perusahaan dan harus memimpin beberapa karyawan, dengan permainan ini kita berlatih memenejemen setiap karyawan dari suatu perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar