Rabu, 22 Desember 2010

Mereka Datang Mencoba Senang


Kuliah Kemampuan Intrapersonal berlanjut seperti biasanya, hari ini pun juga kita mahasiswa akan belajar tentang intrapersonal dalam pembentukan pribadi diri. Kuliah kali ini dimulai dengan berkumpul di SI garden dengan kita para mahasiswa berbaris menurut kelompok yang dulu kita buat. Namun ketika saya menengok ke sekitar tempat saya berdiri, terlihat sesuatu yang berbeda di sana. Terdapat sekumpulan orang yang berseragam, awalnya saya bingung karena memang mereka tidak pernah terlihat pada kuliah-kuliah sebelumnya. Karena saya bingung,siapa mereka, aku pun mencoba mencari info dengan bertanya di sekeliling saya. Mereka adalah siswa SMA dari beberapa SMA di Surabaya, begitulah info yang saya dapat. Tidak hanya info itu yang saya dapat, ternyata mereka adalah peserta visit JSI. Visit JSI merupakan sebuah acara baru di jurusan Sistem Informasi ITS dan merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu SI goes to school. Kedua acara ini memang bertujuan untuk mempromosikan jurusan sistem informasi ITS, terutama kepada siswa-siswi SMA yang akan lulus dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya ITS.

Senin, 20 Desember 2010

Jepang Menawan Indonesia Mengecewakan

Suatu ketika saya pergi ke suatu majelis ta’lim, suatu tempat di mana kita akan mendapat yang orang mengira tentunya tentang ilmu agama, tapi kali ini saya mendapatkan hal lain dari itu walaupun tetap menyangkut tentang agama. Tapi kali ini saya akan membahas bagian dari itu yang masih menyangkut tentang sebuah materi blog ini yaitu masalah kemampuan intrapersonal. Pada saat itu majelis taklim yang saya datangi membahas tentang kebobrokan bangsa yang saat ini sudah mulai terasa meresahkan, mulai dari anak muda yang sudah sulit di atur hingga para dewasanya yang sudah mulai berfikir tidak dewasa karena mulai berfikir tentang diri sendiri.

Rabu, 15 Desember 2010

Are You a Real Leader


Dalam rangka pembentukan pribadi yang baik yang sesuai etos kerja di kantor-kantor besar, yang memiliki standart tinggi untuk para karyawannya, jurusan sistem informasi tidak henti-hentinya mengadakan pembelajaran untuk para mahasiswanya sebagai calon penggerak bangsa di masa yang akan datang. Sebagai lanjutan dari pembelajaran-pembelajaran sebelumnya kali ini akan kita pelajari tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang mampu berpengaruh. Pembelajaran kali ini masih seperti pembelajaran yang biasanya, dengan cara bermain-main dengan beberapa permainan.

Rabu, 08 Desember 2010

Manajemen Waktu


Waktu adalah sebuah dimensi masa yang tak terhentikan dan selalu berjalan terus menerus tanpa henti. Semua orang selalu butuh waktu untuk melakukan setiap pekerjaannya, apabila waktu dibiarkan terus berjalan begitu saja tanoa ada pengaturan yang pasti tentang sebuah waktu, maka dari itu pasti waktu akan bisa menghancurkan kita seperti sebuah kereta api yang selalu berjalan di relnya dan tak akan berhenti sebelum kereta itu berhenti di tujuan mereka. Seperti itulah waktu, hingga ada beberapa kata mutiara tentang waktu banyak beredar di sekeliling kita seperti, waktu bagaikan pedang dan waktu adalah uang. Seperti itu pula penggambaran waktu oleh orang-orang yang telah berhasil mengatur waktu mereka. Jadi saatnya bagi kita untuk belajar bagaimana kita bisa mengatur setiap waktu kita agar kita tidak diatur oleh waktu itu sendiri.

Empati

Empati merupakan perasaan ikut memiliki dan merasakan tentang apa yang ada disekitar kita dan sifat ini murni dalam diri manusia. Tidak akan mungkin manusia hidup di dunia ini tidak memiliki empati. Yang ada saat ini adalah mereka tidak merasa memilikinya sehingga terasa hamper hilang dari muku bumi ini. Karena kebanyakan orang saat ini sangat mudah terlihat bila mereka berbuat sebuah kejahatan daripada mereka melakukan sebuah kebaikan yang tentunya itu akan mengarah kepada sifat empati. Perlu kita sadari bahwa perasaan ini sangatlah murni dari hati nurani kita, hanya orang yang mau mengenal dirinyalah yang mengetahui itu. Jadi cobalah mulai saat ini untuk mengenal kembali lebih dalam dirimu itu, agar sifat yang baik selama terpendam mampu muncul kembali ke permukaan sebagai penuntun hidupmu.

Minggu, 05 Desember 2010

Management stress

Stress merupakan suatu perasaan dimana kita merasakan banyak sekali tekanan pada diri kita sehingga performa organ tubuh tidak maksimal. Kebanykan orang merasa bahwa hal seperti dapat mengganggu sekali setiap hasil maupun efek dari hasil yang kita lakukan, namun pada suatu saat saya menemukan sebuah bacaan yang menulisakan disitu salah satunya membahas tentang stress di sana dikatakan bahwa stress pada puncak atau dimana kita mengalami keadaan saat kita tak bisa berfikir, akan membantu pekerjaan yang kita lakukan dikatakan pada bacaan tersebut karena pada saat itulah organ tubuh kita bersatu tanpa kita sadari membentuk sebuah koordinasi luar biasa yang memungkinkan kita untuk menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Selain itu pada kuliah kemarin salah satu dosen berkata juga tentang tingkatan stress, Beliau berkata bahwa stress pada tingkatan menengah justru akan meningkatkan kemampuan berfikir orang sehingga itu dapat membantu menyelasaikan masalahnya.

Kenali dirimu lewat jendela jauhari

Resume mata kuliah kemampuan intrapersonal pada pertemuan kali ini mungkin agak berbeda, karena kali ini kita tidak lagi belajar di luar kelas, kita kali ini kembali lagi di dalam kelas, bukan untuk pelajaran yang konvensional kayak mata kuliah lainnya dimana dosen menerangkan lalu mahasiswa aktif dengan bertanya-tanya, pak saya belum paham pelajaran yang itu? Bukan sepereti itu, hal ini lain memang mata kuliah kemampuan intrapersonal selalu berebeda dengan yang lain, kali ini kita belajar melalui menonton sebuah film yang berjudul “Good Will Hunting”. Film yang bergenre semi drama dengan dibumbui kekerasan ini kami tonton, dan fasilitator berharap kami bisa mengambil manfaat dari setiap adegan yang ada dalm film tersebut.

Rabu, 01 Desember 2010

Dirimu dan Kelompokmu

Posting kali ini membahas tentang bagaimana kita bisa saling mulai bisa mengenal diri kita, kemudian dibandingkan dengan anggota kelompok, dengan ini diharapkan bisa saling mengenal, dan kerjasama antar kelompok pun semakin baik pula. Berikut postingan saya yang lagi-lagi di ambil dari mata kuliah kemampuan innterpersonal, karena memang dari situlah saya mulai menemukan kekuatan sebuah kemampuan intrapersonal.

Pada pertemuan kali ini kita mahasiswa Sistem Informasi semester pertama yang mengambil mata kuliah Kemampuan Interpersonal, akan melakukan tiga permainan yang akan bermanfaat untuk kehidupan kita di masa yang akan datang, permainan – permainan itu adalah dimualai dari 20-80 sebagai awalnya kemudian yes and but dan diakhiri dengan game yang disebut dengan pelangi perbedaan, dilihat dari maksud dasar keseluruhan game, ini lebih banyak bertujuan tentang pengenalan diri lebih jauh ke dalam, sehingga diharapkan setelah pertemuan kali ini kita mampu benar-benar mengenal siapa sebenarnya diri kita, kemudian setelah itu akan lebih mudah untuk menetukan tujuan kita hidup didunia untuk kemajuan hidup lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Setelah kita mengetahui maksud umum dari pertemuan kali ini, saatnya kita mngenal lebih dalam lagi tentang masing-masing permainan, mulai dari tata cara permainan tersebut hingga manfaatnya kepada kita.

1. 20-80

Permainan ini dilakukan oleh seluruh peserta mata kuliah KI bukan sebagian atau dalam satu kelompok, mula-mula seluruh peserta membentuk lingkaran yang sangat besar yang mampu menghubungkan semua peserta dalam satu lapis lingkaran, setelah terbentuk, kita harus memposisikan tangan kita, dimana tangan kanan dibuka dan menghadap ke bawah sedangkan tangan yang kiri menunjuk ke atas dan ditempelkan pada telapak tangan taman yang berada di sebelah kirinya, semua peserta seperti itu sehingga menyambung dengan semua peserta. Setelah semua sudah pada posisi yang telah ditentukan, saatnya memulai permainan dangan peratuaran yaitu, nanti fasilitator akan membacakan sebuah cerita dan ketika cerita itu menyebutkan suatu kata maka tangan kanan kita harus berusaha menangkap jari telunjuk teman di sebelah kanan kita dan bagi tangan kiri, kita harus sebisa mungkin menghidar dari tangkapan tangan kanan teman kita, bagi yang tertangkap akan mendapatkan hadiah seperti biasa.

Manfaat dari permainan ini adalah mengajarakan kepada kita keprioritasan kepada sesuatu sehingga permainan ini dinamakan dengan 20-80, di sini kita pasti akan memprioritaskan sesuatu yang itu akan mampu membuat kita untung, dalam hal ini kita pasti akan cenderung menghindar daripada kita berusaha menangkap. Ketika hal itu benar-benar terjadi secara tidak terkendali pada kita, tentunya itu akan membuat kita rugi, karena apa? Seperti yang kita ketahui, hidup didunia ini pasti tidak hanya berhadapan dengan satu masalah saja melainkan banyak masalah, jadi jika kita hanya berfokus pada satu masalah saja tentunya itu akan merugikan kita sekali, untuk itu dari permainan ini kita ditunjukakan bahwa kita harus selalu focus dalam berbagai hal, bukan pada satu hal saja.

2. Yes and But

Pada permainan ini, kita bermain dalam satu kelompok seperti yang telah terbentuk sebelumnya, setelah berkumpul dengan masaing-masing kelompok, selanjutnya kita akan berpasangan, setelah itu kita salah satu dari kedua orang yang telah berpasangan tadi, mengungkapkan sesuatu kalimat, yang kemudian ditanggapi oleh pasangannya, dalam menanggapi ini ada aturannya, yang pertama kita menanggapinya dengan diawali dengan “Ya Tapi” kemudian pada giliran selajutnya itu kita ganti dengan “Ya dan”. Permainan ini dilakukan selama 5 menit untuk setiap bagiannya.

Manfaat yang dapat kita ambil adalah, di sini kita belajar tentang bagaimana kita harus menyampaikan pendapat yang baik. Itu dilakukan baik untuk mendukung penndapat (Ya dan) ataupun untuk menyangkal suatu pendapat (Ya Tapi). Pada dasarnya ini juga untuk menyadarkan kita tentang etika dalam suatu diskusi yang baik dan benar, dimana kita harus selalu sopan dalam menyampaikan pendapat. Ini tentunya sangat berguna dalam setiap sisi kehidupan kita di masa yang akan datang, dimana pada masa itu kita harus terjun dalam suatu masyarakat yang tentunya tidak akan pernah lepas dari yang namanya diskusi.

3. Pelangi Perbedaan

Dalam sesi permainan yang satu ini kita dalam satu kelompok akan mendapat masing-masing satu pensil warna yang berbeda beda, setelah itu kita harus berkumpul dengan teman yang mendapat pensil berwarna hamper mendekati dengan milik kita, setelah itu kita menceritakan tentang kesamaan sifat maupun karakter yang mungkin dimiliki oleh warna yang kita miliki, setelah selesai kita berpindah kelompok untuk berkumpul dengan teman-teman yang memiliki pensil warna dengan warna yang berbeda dengan warna yang kita miliki, kemudian bercerita lagi tentang warna yang kita miliki, sehingga disini nanti akan muncul perbedaan.

Permainan ini bertujua untuk menyelami karakter yang mungkin kita miliki melalui warna, hal ini jelas sekali bermanfaat karena apa? Bila kita tidak mengetahui siapa sebenarnya kita, kita nanti akan sulit untuk menentukan arah maupun tujuan hidup kita, sehingga kita hidup itu akan seperti orang yang tersesat dan tak tahu arah mau kemana dia? Maka dari itu segera salami diri kita dan tentukan apa yang akan kita lakukan nantinya.